There was an error in this gadget

Rasakan Indahnya Ikatan Ukhuwah...

Posted by Imam Syahuri Gultom on 12:08 AM
Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) bukanlah teori. Ini adalah ajaran praktis yang bisa kita lakukan dalam keseharian. Karena itu, nikmatnya ukhuwah tidak akan bisa kita kecap, kecuali dengan mempraktikannya.

Jika delapan cara di bawah ini dilakukan, Anda akan merasakan ikatan ukhuwah Anda dengan saudara-saudara seiman Anda semakin kokoh.

1. Katakan bahwa Anda mencintai saudara Anda

عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ قَالَ: إِِذَا أَحَبَّ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَلْيُخْبِرْهُ أََنَّهُ يُحِبُّهُ

Rasulullah saw. bersabda, “Apabila seseorang mencintai saudaranya, hendaklah dia mengatakan cinta kepadanya.” (Abu Dawud dan Tirmidzi, hadits shahih)

عَنْ اَنَسٍ: اَنَّ رَجُلاً كَانَ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ فَمَرَّ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلُ اللهِ اِنّي لأحِبُّ هَذَا فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ أَعْلَمْتَهُ؟ قَالَ: لا، قَالَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: أعْلِمْهُ فَلَحِقَهُ فَقَالَ: إِنِّي أُحِبُّكَ فِى اللهِ فَقَالَ: أَحَبَّكَ الَّذِي أَحْبَبْتَنِى لَهُ

Anas r.a. mengatakan bahwa seseorang berada di sisi Rasulullah saw., lalu salah seorang sahabat melewatinya. Orang yang berada di sisi Rasulullah tersebut mengatakan, “Aku mencintai dia, ya Rasulullah.” Lalu Nabi bersabda, “Apakah kamu sudah memberitahukan dia?” Orang itu menjawab, “Belum.” Kemudian Rasulullah saw. bersabda, “Beritahukan kepadanya.” Lalu orang tersebut memberitahukannya dan berkata, “Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah.” Kemudian orang yang dicintai itu menjawab, “Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karena-Nya.” (Abu Dawud, dengan sanad shahih)

Jadi, jangan tunda lagi. Katakan cinta kepada orang yang Anda cintai.

2. Minta didoakan dari jauh saat berpisah

عَنْ عُمَرَبْنِ الْخَطَابِ قَالَ: اِسْتَأْذِنْتُ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ فِى الْعُمْرَةِ فَأَذِنَ لِي فَقَالَ: لاَ تَنْسَنَا يَا اُخَيَّ مِنْ دُعَائِكَ فَقَالَ: كَلِمَةً مَا يَسُرُّنِى أَنَّ لِى بِِهَا الدُّنْيَا، وَفِى رِوَايَةٍ قَالَ: أَشْرِكْنَا يَا أُجَيَّ فِى دُعَائِكَ

Umaق bin Khaththab berkata, “Aku minta izin kepada Nabi Muhammad saw. untuk melaksanakan umrah, lalu Rasulullah saw. mengizinkanku.” Beliau bersabda, “Jangan lupakan kami, wahai saudaraku, dalam doamu.” Kemudian ia mengatakan satu kalimat yang menggembirakanku bahwa aku mempunyai keberuntungan dengan kalimat itu di dunia. Dalam satu riwayat, beliau bersabda, “Sertakan kami dalam diamu, wahai saudaraku.” (Abu Dawud dan Tirmidzi, hadits hasan shahih)

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ لِأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ : وَلَكَ بِمِثْلٍ

Rasulullah saw. bersabda, “Tidak seorang hamba mukmin yang berdoa untuk saudaranya dari kejauhan malainkan malaikat berkata, ‘Dan bagimu seperti itu’.” (Muslim)

3. Bila berjumpa, tunjukkan wajah gembira dan senyuman

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُفِ شَيْئاً وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلِيْقٍ

Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah kamu meremehkan kebaikan apapun, walaupun sekadar bertemu saudaramu dengan wajah ceria.” (Muslim)

4. Berjabat tangan dengan erat dan hangat

Berjabat tanganlah acapkali bertemu. Sebab, Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada dua orang muslim yang berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (Abu Dawud)

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: مَا مِنْ مُسْلِمِيْنَ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا

5. Sering-seringlah berkunjung

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Allah swt. berfirman, ‘Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang mencintai karena Aku, keduanya saling berkunjung karena Aku, dan saling memberli karena Aku’.” (Imam Malik dalam Al-Muwaththa’)

6. Ucapkan selamat saat saudara Anda mendapat kesuksesan

عَنْ اَنَسٍ بن مالك قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: مَنْ لَقِيَ أَجَاهُ بِمَا يُحِبُّ لِيَسُرَّهُ ذَالِكَ سَرَّةُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Anas bin Malik berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa bertemu saudaranya dengan membawa sesuatu yang dapat menggembirakannya, pasti Allah akan menggembirakannya pada hari kiamat.” (Thabrani dalam Mu’jam Shagir)

Jadilah Anda orang yang paling pertama mengucapkan selamat kala saudara Anda menikah, mendapat anak, menempati rumah baru, pergi haji, naik jabatan, dan lain-lain.

7. Berilah hadiah terutama di waktu-waktu istimewa

عَلَيْكُمْ بِالْهَدَايَا فَإِنَّهَا تُوْرِثُ الْمَوَدَّةَ وَتُذْهِبُ الضَّغَائِنَ

Hadits marfu’ dari Anas bahwa, “Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.” (Thabrani)

عَنْ عَائِشَةَ: تَهَادَوْا تَحَابُّوْا

Thabrani juga meriwayatkan hadits marfu’ dari Aisyah r.a. bahwa, “Biasakanlah kamu saling memberi hadiah, niscaya kamu akan saling mencintai.”

8. Berilah perhatian dan bantu keperluan Saudara Anda

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَادَامَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيْهِ.

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang melepaskan kesusahan seorang mukmin di dunia niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat. Siapa yang memudahkan orang yang kesusahan, niscaya Allah akan memudahkan (urusannya) di dunia dan di akhirat. Siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan di akhirat. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya jika hamba tersebut menolong saudaranya.” (Muslim)

Karena itu, jadikan diri Anda orang yang paling dahulu membantu kala saudara Anda membutuhkan.

Sumber :
Dakwatuna.com

Mari Bersama kita jaga ukhuwah diantara kita :-). Wassalam

Dah lama gak buka blog ini

Posted by Imam Syahuri Gultom on 11:34 PM
Assalamualaikum....alhamdulillah... akhirnya password ne blog ketemu juga sudah setahun g ngutak-ngatik... mulai dari nyoba password zaman jadul mpe password zaman sekarang,,hahaha... walaupun website penyedia alamat email q dulu da ancur (plasa.com) g bisa dibuka lagi,, tpi untung ja ttp di ingat ma blogspot klo email itu sebenarnya masih exist...hahahah

Alasan knp mw ngebolg lage...

1. krna lihat ega ngeblog mpe sekarang masih exist.. hihiii..
2. ngeliat iqbal maenin blog HIMA PSPD jadi asik... *mengingat masa2 kemaren bela2in ke hotspotan gratis di arafah cuma mau ganti layout...hahahahaha.... cupu2..!!

well,, kyknya krna personal sendiri udah berubah, bukan imam yg dolo lage... kyknya ne layout, smua mo diganti deh,, biar lebih asyik blogging nya...
tunggu launching blog part II.. smoga aja sempat wlwpun masih sibuk jdi mahasiswa kedokteran semester IV ini.....huh.!!

EHK vs DDR

Posted by Imam Syahuri Gultom on 8:55 PM
Image035

Semester II kali ini kami angkatan 08 punya mata kuliah baru namanya EHK..EHK apaan tu?! sejenis KWN atau PPKN klo di SD dulu, dan itu adalah pelajaran yang paling aku benci dan gak masuk akal yang pernah ada..Suer!! Sekarang gak tau kenapa diubah namanya. Padahal itu2 aja isinya.

Tapi, EHK (Etika Hukum dan HAM Kedokteran) tu lebih bisa diterima akal pelajarannya daripada KWN. Senengnya…

 

Kata dokternya sih, sekarang pasien tu da pinter2..Pasien sekarang klo dokternya salah dikit aja, dituntut ke pengadilan..(jahat ya)..gak juga sih, soalnya ada juga kesalahan tu datang dari dokternya (makanya klo jadi dokter tu belajar baik2)…

 



Karena latar belakang itulah, sistem pendidikan kedokteran menambahkan mata kuliah ini biar dokter2 lulusan 2008 nanti pada melek hukum..jangan mau dibodohi ma pasien..hakhakhak..

 

Trus, kok gak nyambung ma judul diatas..


DSC00340 (Ne gedung kuliah apa jadi tempat jemur baju seh?)

 

Gini, jadi tu tiap hari sabtu adalah hari yang paling ditunggu2 ni ma anak 2008 kedokteran UNLAM, selain hari weekend dari kepenatan menjadi mahasiswa kedokteran yang katanya super sibuk..Knp? karena pada hari itu ada mata kulia EHK..EHK ini kuliahnya di Banjarmasin tepatnya disebelah DUTA MALL…Beh! gak bisa dibayangkan apa yang terjadi setelah sepulang dari kuliah..

 Image048

(suasana sepulang kuliah EHK, ada kamera aja, uda deh pada begayaan semua…Kayaknya siap2 mo gentayangan ne)

 

Bener, Anak-anak FK tu bakal gentayangan di duta mall (kayak kuntilanak aja)! Nah, sebenarnya inti dari hari sabtu adalah Duta mall main ke amazon, nge dance DDR..haha…

 

Sabtu, 21 Maret 2009..(dihari yang cerah ini)

 

Sepertinya ini udah jadi agenda wajib bagi anak2 kuntilanak dibawah ini : ERWIN, LUTHFI, TIO, IMAM, FAUZAN..

Mereka berencana main DDR di belantara Amazon..Niat dari kos kosan udah gak baik,,akibatnya kuliah EHK pun dijadikan mainan ma mereka (dasar ne calon2 dokter nakal)..Mulai dari foto2 gak jelas ketika dokter menerangkan Hukum Pidana..Para kuntilanak ini buat ke onaran hingga kuliahpun berakhir seperti tak bermakna..

 

Image026

(ne kuliah kok sempet2nya foto sih?dasar cdr gila!)

 

kemudian, sebelum loncat2 di Amazon, kuntilanak2 ini mencari mangsa untuk dimakan di Kantin belakang RS Ulin Banjarbaru..Setelah merasa kenyang, mereka mulai mendatangi amazon..

 

Beh, tak disangka-sangka ternyata di amazon terdapat pocong2 lain yang udah main duluan (SALIVA, MIYABE, MAKAO, GEROT, HENI dan sejenisnya)..Akibatnya suasan amazon semakin mencekam dengan berkumpulnya kuntilnak dan pocong di DDR sambil lompat2 menari gak jelas (kebayang gak?)..

 

DSC00343

DSC00128DSC00342

 

DSC00346

(yang ini pocongnya amazon, yang suka lompat2)

 

Setelah puas lompat2 dan kantong bolong para kuntilanakpun pulang kembali ke habitatnya,,tapi sebelumnya nyangkut dulu dikontrakan kuntilanak TIO main PS gratisan hingga menjelang sore..

 

Inilah agenda para kuntilanak tiap hari sabtu, yang mau jadi kuntilanak juga silahkan ikuti kami…hakhakhak……

 

berikut adalah daftar kuntilanak amazon :

DSC00336Belutz

19012009310

 

 

 

 

 

 

 

 

Jonathan J

Om erwin

 

 

 

hakhakhakhakhak………!!


Hormon Pankreas

Posted by Imam Syahuri Gultom on 8:51 PM

Pankreas aja ANATOMI PANKREAS

 

Pancreas merupakan organ yang memanjang dan terletak pada epigastrium dan kuadran kiri atas. Strukturnya lunak, berlobulus, dan terletak pada dinding posterior abdomen di belakang peritoneum sehingga termasuk organ retroperitonial kecuali bagian kecil caudanya yang terletak dalam ligamentum lienorenalis.

 

 

HISTOLOGI PÁNCREAShisto pankreas
Insula pancreatica merupakan bangunan serupa sel endokrin (endocrinocytus) yang tersebar di seluruh páncreas. Setiap insula mengandung 4 jenis sel penghasil hormon peptida yaitu :Sel Alfa = Alpha Cell = Endocrinocytus Alpha

  • Sel alpha, Sel ini memproduksi hormon glukagon, berperan menaikkan kadar gula yang rendah, dan kerja hormon ini merupakan kebalikan hormon insulin.
  • Sel Beta, Sel ini terdapat dalam jumlah banyak dalam insula pancreatica dan memproduksi insulin. Insulin ini bekerja pada kadar gula yang tinggi dan sifatnya meneruskan kadar gula yang tinggi tersebut menjadi normal kembali. Insulin menaikkan pengambilan glucosa darah oleh sebagian besar sel; menaikkan síntesis glikogen oleh hepatocytus dan síntesis trigliserida oleh adipocytus. Malfungsi sel beta menyebabkan penyakit diabetes melitus yang ditandai dengan hiperglikemia. Hiperplasia dan neoplasia sel beta mengakibatkan sindrom hiperinsulinisme ditandai hipoglikemia
  • Sel Delta
    Somastatin yang menekan prelepasan insulin, glukagon, dan hormon pertumbuhan diproduksi oleh sel delta, selain itu sel ini menghasilkan gastrin yang memacu sekresi kelenjar dalam mucosa saluran pencernaan.
  • Sel F
    Sel ini mensekresi polipeptida pancreatica yang menghambat pars eksokrin páncreas memproduksi enzim dan bikarbonat. Hormon ini menyebabkan relaksasi vesica fellea dan mengurangi sekresi empedu

C.FISIOLOGI HORMON KELENJAR PANKREAS
Fungsi utama hormon-hormon pankreas adalah untuk:

  • meningkatkan penyimpanan selama individu istirahat, dalam bentuk glikogen dan lemak, diambil dari substansi-substansi dalam makanan (insulin)
  • mobilisasi kembali cadangan energi  selama fase kelaparan atau pada waktu bekerja, dalam keadaan stres, dst. (glukagon)
  • menjaga kadar gula darah mendekati konstan bila mungkin
  • meningkatkan pertumbuhan (insulin)

Efek dasar hormon insulin

  • Tiga efek dasar insulin pada metabolisme karbohidrat:
     meningkatkan kecepatan metabolisme glukosa,
     menurunkan konsentrasi gula darah (hormon hipoglikemik),
     meningkatkan cadangan glikogen dalam jaringan
  • Efek insulin terhadap metabolisme lemak
     Meningkatkan pemakaian glukosa, mengurangi pemakaian lemak (penghemat lemak)
     Meningkatkan pembentukan gliserol. Gliserol bersama asam lemak membentuk trigliserida untuk disimpan.
  • Efek insulin terhadap metabolisme protein: meningkatkan sintesa dan mencegah katabolisme protein

Pengaturan Sekresi Insulin
Pengaturan sekresi: diatur oleh kadar gula dalam darah melalui mekanisme umpan balik.

Regulasi pankreas

Efek Dasar Hormon Glukagon

  1. Efek utama glukagon terhadap metabolisme glukosa:
    Pemecahan glikogen hati (glikogenolisis), meningkatkan glukosa darah (hormon hiperglikemik)
    Meningkatkan proses glukoneogenesis dalam hati
  2. Efek lain glukagon (bila meningkat di atas nilai normalnya):
    Mengaktifkan lipase lemak, meningkatkan­ persediaan asam lemak, sumber energi
    Menghambat penyimpanan trigliserida dalam hati
  3. Stimulus utama sekresi glukagon: turunnya kadar gula darah pada waktu puasa, kelaparan, dan antara 2 waktu makan

10 Sahabat Rasulullah yang DIJAMIN Masuk Surga

Posted by Imam Syahuri Gultom on 3:41 PM

09_Aqua Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang petama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridho kepada mereka dengan mereka dan mereka ridho kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung. (Qs At-Taubah : 100)

Berikut ini 10 orang sahabat Rasul yang dijamin masuk surga (Asratul Kiraam) :

1. Abu Bakar Siddiq ra.

Beliau adalah khalifah pertama sesudah wafatnya Rasulullah Saw. Selain itu Abu bakar juga merupakan laki-laki pertama yang masuk Islam, pengorbanan dan keberanian beliau tercatat dalam sejarah, bahkan juga didalam Quran (Surah At-Taubah ayat ke-40) sebagaimana berikut :

Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seseorang dari dua orang (Rasulullah dan Abu Bakar) ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia berkata kepada temannya: Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Abu Bakar Siddiq meninggal dalam umur 63 tahun, dari beliau diriwayatkan 142 hadiets.

2. Umar Bin Khatab ra.

Beliau adalah khalifah ke-dua sesudah Abu Bakar, dan termasuk salah seorang yang sangat dikasihi oleh Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya. Sebelum memeluk Islam, Beliau merupakan musuh yang paling ditakuti oleh kaum Muslimin. Namun semenjak ia bersyahadat dihadapan Rasul (tahun keenam sesudah Muhammad diangkat sebagai Nabi Allah), ia menjadi salah satu benteng Islam yang mampu menyurutkan perlawanan kaum Quraish terhadap diri Nabi dan sahabat. Dijaman kekhalifaannya, Islam berkembang seluas-luasnya dari Timur hingga ke Barat, kerajaan Persia dan Romawi Timur dapat ditaklukkannya dalam waktu hanya satu tahun. Beliau meninggal dalam umur 64 tahun karena dibunuh, dikuburkan berdekatan dengan Abu Bakar dan Rasulullah dibekas rumah Aisyah yang sekarang terletak didalam masjid Nabawi di Madinah.

3. Usman Bin Affan ra.

Khalifah ketiga setelah wafatnya Umar, pada pemerintahannyalah seluruh tulisan-tulisan wahyu yang pernah dicatat oleh sahabat semasa Rasul hidup dikumpulkan, kemudian disusun menurut susunan yang telah ditetapkan oleh Rasulullah Saw sehingga menjadi sebuah kitab (suci) sebagaimana yang kita dapati sekarang. Beliau meninggal dalam umur 82 tahun (ada yang meriwayatkan 88 tahun) dan dikuburkan di Baqi.

4. Ali Bin Abi Thalib ra.

Merupakan khalifah keempat, beliau terkenal dengan siasat perang dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Selain Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib juga terkenal keberaniannya didalam peperangan. Beliau sudah mengikuti Rasulullah sejak kecil dan hidup bersama Beliau sampai Rasul diangkat menjadi Nabi hingga wafatnya. Ali Bin Abi Thalib meninggal dalam umur 64 tahun dan dikuburkan di Koufah, Irak sekarang.

5. Thalhah Bin Abdullah ra.

Masuk Islam dengan perantaraan Abu Bakar Siddiq ra, selalu aktif disetiap peperangan selain Perang Badar. Didalam perang Uhud, beliaulah yang mempertahankan Rasulullah Saw sehingga terhindar dari mata pedang musuh, sehingga putus jari-jari beliau. Thalhah Bin Abdullah gugur dalam Perang Jamal dimasa pemerintahan Ali Bin Abi Thalib dalam usia 64 tahun, dan dimakamkan di Basrah.

6. Zubair Bin Awaam

Memeluk Islam juga karena Abu Bakar Siddiq ra, ikut berhijrah sebanyak dua kali ke Habasyah dan mengikuti semua peperangan. Beliau pun gugur dalam perang Jamal dan dikuburkan di Basrah pada umur 64 tahun.

7. Saad bin Abi Waqqas

Mengikuti Islam sejak umur 17 tahun dan mengikuti seluruh peperangan, pernah ditawan musuh lalu ditebus oleh Rasulullah dengan ke-2 ibu bapaknya sendiri sewaktu perang Uhud. Meninggal dalam usia 70 (ada yang meriwayatkan 82 tahun) dan dikuburkan di Baqi.

8. Said Bin Zaid

Sudah Islam sejak kecilnya, mengikuti semua peperangan kecuali Perang Badar. Beliau bersama Thalhah Bin Abdullah pernah diperintahkan oleh rasul untuk memata-matai gerakan musuh (Quraish). Meninggal dalam usia 70 tahun dikuburkan di Baqi.

9. Abdurrahman Bin Auf

Memeluk Islam sejak kecilnya melalui Abu Bakar Siddiq dan mengikuti semua peperangan bersama Rasul. Turut berhijrah ke Habasyah sebanyak 2 kali. Meninggal pada umur 72 tahun (ada yang meriwayatkan 75 tahun), dimakamkan di baqi.

10. Abu Ubaidillah Bin Jarrah

Masuk Islam bersama Usman bin Mathuun, turut berhijrah ke Habasyah pada periode kedua dan mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah Saw. Meninggal pada tahun 18 H di urdun (Syam) karena penyakit pes, dan dimakamkan di Urdun yang sampai saat ini masih sering diziarahi oleh kaum Muslimin.

Thalhah Bin Ubaidillah

Posted by Imam Syahuri Gultom on 3:37 PM

08_Space Kemurahan dan kedermawanan Thalhah bin Ubaidillah patut kita contoh dan kita teladani. Dalam hidupnya ia mempunyai tujuan utama yaitu bermurah dalam pengorbanan jiwa.

Thalhah bin Ubaidillah merupakan salah seorang dari delapan orang yang pertama masuk Islam, dimana saat itu satu orang bernilai seribu orang.

Sejak awal keislamannya hingga akhir hidupnya ia tidak pernah mengingkari janji. Janjinya selalu tepat. Ia juga dikenal sebagai orang jujur, tidak pernah menipu apalagi berkhianat. Thalhah masuk Islam melalui anak pamannya, Abu Bakar Assiddiq ra.

II. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Dengan disertai Abu Bakar Assiddiq, Thalhah pergi menemui Rasulullah SAW. Setelah berhasil berjumpa dengan Rasulullah SAW, Thalhah mengungkapkan niatnya hendak ikut memeluk Dinul haq, Islam. Maka Rasulullah SAW menyuruhnya mengucapkan dua kalimat syahadat.

Setelah menyatakan keislamannya di hadapan Muhammad SAW. Thalhah dan Abu Bakar ra. pun pergi. Tapi di tengah jalan mereka dicegat oleh Nofal bin Khuwalid yang dikenal dengan “Singa Quraisy”, yang terkenal kejam dan bengis.  Nofal kemudian memanggil gerombolannya untuk menangkap mereka. Ternyata Thalhah dan Abu Bakar tidak hanya ditangkap saja, mereka diikat dalam satu tambang. Semua itu dilakukan Nofal sebagai siksaan atas keislaman Thalhah.

Oleh karena itulah Thalhah dan Abu Bakar ra. dijuluki “Alqori-nain” atau “dua serangkai”. Dan sesudah masuk Islam Thalhah selalu mendampingi Rasulullah SAW.

Riwayat hidup Thalhah merupakan hembusan angin yang harum dalam rangkaian sejarah yang agung penuh keteladanan. Oleh karena itu alangkah patutnya bila kita menerapkan sejarah lama untuk masa kini dan merintis jalan yang pernah ditempuh pendahulu kita serta beriman sebagaimana mereka beriman, jujur, ikhlas dan setia seperti yang mereka lakukan dan berjihad sebagaimana mereka berjihad.

Nasib agama kita akan membaik bila kita menempuhnya dengan cara yang ditempuh para pendahulu kita, sebagaimana yang Allah firmankan: “Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal atau yang menggunakan pendengarannya sedang dia menyaksikannya.” (QS. Qoof : 37)

Thalhah adalah seorang lelaki yang gagah berani, tidak takut menghadapi kesulitan, kesakitan dan segala macam ujian lainnya. Ia orang yang kokoh dalam mempertahankan pendirian meskipun ketika di jaman jahiliyah.

Ketika pergi ke Syam ia singgah sebentar di Bushra. Di situ ia mendengar ada seorang pastur yang sedang mencari orang berasal dari Mekah. Mengetahui hal itu maka Thalhah segera mendekati pastur itu. Ternyata pastur itu mempertanyakan seorang lelaki bernama Ahmad bin Abdillah bin Abdul Muthalib di Mekah, karena kini sudah saatnya dia muncul.
Setelah pulang dia bertemu dengan Abu Bakar dan masuk Islam sesudah Utsman bin Affan.

Sewaktu perang Badar, Thalhah tidak ikut bertempur di medan laga karena pada waktu itu ia diberi tugas khusus oleh Rasulullah SAW sebagai pengintai kafilah Quraisy yang tengah menuju daerah Alhaura.

III. Perang Uhud

Bila diingatkan tentang perang Uhud, Abu Bakar ra. selalu teringat pada Thalhah. Pada waktu itu akulah orang pertama yang menjumpai Rasulullah SAW. Ketika melihat aku dan Abu Ubaidah, baginda berkata kepada kami: “Lihatlah saudaramu ini.” Pada waktu itu aku melihat tubuh Thalhah terkena lebih dari tujuh puluh tikaman atau panah dan jari tangannya putus.

Bagi bangsa Quraisy perang Uhud merupakan tindak balas atas kekalahannya sewaktu perang Badar. Pada awal pertempuran Uhud kaum muslimin telah memperoleh kemenangan. Pasukan kafir Quraisy kocar-kacir dan mundur dari medan perang. Tapi ketika kaum muslimin melihat mereka mundur, para pemanah yang bertugas di bukit menutup jalur belakang segera berlari turun. Mereka kemudian mengumpulkan barang-barang peninggalan musuh. Mereka mengira pertempuran telah berakhir.

Ternyata pasukan musuh menerobos melalui jalur belakang. Pasukan kaum muslimin benar-benar telah lengah sehingga mereka dapat dipukul dari dua arah, maka mendadak mereka menjadi panik dan tak tahu harus berbuat apa. Peristiwa ini akibat dari kesalahan pasukan pemanah yang ditugaskan oleh Rasulullah SAW untuk melindungi pasukan muslimin dari serangan musuh yang berasal dari belakang.

Pertempuran sengitpun terjadilah. Kaum musyrikin benar-benar ingin membalas dendam. Mereka masing-masing mencari orang yang pernah membunuh keluarga mereka sewaktu perang Badar. Mereka berniat akan membunuh dan memotong-motongnya dengan sadis.

Semua musyrikin berusaha mencari Rasulullah SAW. Dengan pedang-pedangnya yang tajam dan mengkilat mereka terus mencari Rasulullah SAW. Mereka amat gemas, benci dan penasaran karena sewaktu hijrah ke Madinah, mereka tidak berhasil menemukan Muhammad. Kini, pada saat perang Uhud, mereka dengan dendam membara terus mencarinya. Tetapi kaum muslimin melindungi Rasulullah SAW. Mereka melindungi baginda Rasulullah SAW dengan tubuhnya dan dengan segala daya. Mereka rela terkena sabetan, tikaman pedang dan anak panah.

Tombak dan panah menghujam mereka, tetapi mereka tetap bertahan melawan kaum musyrikin Quraisy. Hati-hati mereka berucap dengan teguh, “Aku korbankan ayah ibuku untuk engkau ya Rasulullah.”

Salah satu diantara mujahid yang melindungi nabi SAW dengan tulus ikhlas adalah Thalhah. Ia berperawakan tinggi kekar. Ia ayunkan pedangnya ke kanan dan ke kiri. Ia melompat ke arah Rasulullah yang tubuhnya telah berdarah. Dipeluknya tubuh baginda dengan tangan kiri dan dadanya. Sementara pedang yang ada di tangan kanannya ia ayunkan ke arah lawan yang mengelilinginya seperti laron yang tidak mempedulikan maut.

Alhamdulillah, Rasulullah selamat. Peristiwa ini merupakan pelajaran dan pengalaman pahit yang tidak terlupakan.

Itulah sekilas uraian tentang keteguhan dan pengorbanan Thalhah melindungi Rasul-Nya. Thalhah memang merupakan seorang pahlawan dalam barisan tentara perang Uhud. Ia siap berkorban membela Nabi SAW. Ia memang patut ditempatkan pada barisan depan karena Allah telah menganugerahkan kepada dirinya tubuh yang kuat dan kekar, keimanan yang teguh dan keikhlasan pada agama Allah.

Akhirnya kaum musyrikin pergi meninggalkan medan perang. Mereka mengira Rasulullah SAW telah tewas.

Alhamdulillah, Rasulullah SAW selamat walaupun dalam keadaan menderita luka-luka. Baginda dipapah oleh Thalhah menaiki bikit yang ada di ujung medan pertempuran. Tangan, tubuh dan kakinya diciumi oleh Thalhah seraya berkata, “Aku tebus engkau ya Rasulullah dengan ayah ibuku.”

Nabi SAW tersenyum dan berkata, “Engkau adalah Thalhah kebajikan.” Di hadapan para sahabat Nabi SAW bersabda, “Keharusan bagi Thalhah adalah memperoleh….”. Yang dimaksud Nabi SAW adalah memperoleh surga. Sejak peristiwa Uhud itulah Thalhah mendapat julukan “Burung Elang dari Uhud”.

IV. Ketika Thalhah Hijrah

Pada waktu hijrah ke Madinah, Rasulullah SAW pergi dengan Abu Bakar ra., sedangkan Ruqayah, putri Rasulullah SAW pergi bersama suaminya, Utsman ra. Adapun Zainab, putri sulung Rasulullah SAW tidak hijrah karena ia menetap di Mekah bersama suaminya Abul Ash ibnu Arrabi yang masih kafir. Adapun Ummu Khaltum dan Fatimah tengah menunggu orang yang akan menemani dan mengawal mereka sehingga bisa selamat sampai di kota Madinah. Dan Thalhah mendapat kehormatan untuk menyertai mereka.

Pengawalan khalifah diserahkan kepada Zaid bin Haritsah dan Usamah bin Zaid. Kafilah berangkat ke Madinah. Mereka yang ikut serta dalam rombongan itu antara lain Fatimah, Ummu Khaltum dan istri Rasulullah SAW ummul mukmu\inin yaitu Saudah binti Zum’ah dan Ummu Aiman ra.

V. Thalhah yang Dermawan

Pernahkah anda melihat sungai yang airnya mengalir terus menerus mengairi daratan dan lembah? Begitulah Thalhah bin Ubaidillah. Ia adalah salah seorang dari kaum muslimin yang kaya raya, tapi pemurah dan dermawan. Istrinya bernama Su’da binti Auf.

Pada suatu hari istrinya melihat Thalhah sedang murung dan duduk termenung sedih. Melihat keadaan suaminya, sang istri segera menanyakan penyebab kesedihannya, dan Thalhah menjawab, “Uang yang ada di tanganku sekarang ini begitu banyak sehingga memusingkanku. Apa yang harus kulakukan?” Maka istrinya berkata, “Uang yang ada di tanganmu itu bagi-bagikanlah kepada fakir miskin.” Maka dibagi-bagikannyalah seluruh uang yang ada di tangan Thalhah tanpa meninggalkan sepeser pun.

Assaib bin Zaid pun berkata tentang Thalhah. Katanya, “Aku berkawan dengan Thalhah baik dalam perjalanan maupun sewaktu bermukim. Aku melihat tidak ada seorangpun yang lebih dermawan dari dia terhadap kaum muslimin. Ia mendermakan uang, sandang dan pangannya.”

Jabir bin Abdullah pun bertutur, “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih dermawan dati Thalhah walaupun tanpa diminta.”

Oleh karena itu patutlah jika dia dijuluki “Thalhah si dermawan”, “Thalhah si pengalir harta”, “Thalhah kebaikan dan kebajikan”.

VI. Wafatnya Thalhah

Sewaktu terjadi pertempuran “Al Jamal”, Thalhah bertemu dengan Ali ra. Ali memperingatkannya agar ia mundur ke barisan paling belakang. Sebuah panah mengenai betisnya maka dia segera dipindahkan ke Basra dan tak berapa lama kemudian karena lukanya yang cukup dalam, ia wafat.

Thalhah wafat pada usia enam puluh tahun dan dikubur di suatu tempat dekat padang rumput di Basra.

Rasulullah SAW pernah berkata pada para sahabat ra. “Orang ini termasuk yang gugur dan barang siapa senang melihat seorang syahid berjalan di atas bumi maka lihatlah Thalhah.”

Hal ini juga dikatakan Allah dalam firman-Nya: “Diantara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah, maka diantara mereka ada yang gugur, dan diantara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikitpun tidak merubah janjinya.” (QS. Al Ahzab : 23)
Referensi :
1. 60 Karakter Sahabat Rasul, CV. Diponegoro
2. Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga.

Marquee

Posted by Imam Syahuri Gultom on 1:38 PM

Marquee

Semalam saya membaca dari guestbook (gimana buat guestbook liat ja dipostingan sebelumnya) dan ada beberapa permintaan. Memenuhi request teman saya “Buat sekilas info itu gimana?”. Saya akan tulis beberapa tipsnya..Tinggal anda yang berkreasi sendiri oke..! Gampang ja kok..

Marquee adalah kode HTML yang membuat teks dapat bergerak. kodenya berupa <marquee>…</marquee> (duh, jangan teori donkz gak ngerti..Langsung praktek!) (ne anak sukanya yang praktek-praktek) yauda..

Langsung ke contoh aja ya..

<MARQUEE align="center" direction="left" height="200" scrollamount="2" width="30%">

marquee dari kanan ke kiri (karena directionnya left)

</MARQUEE>

Hasilnya :

marquee dari kanan ke kiri (karena directionnya left)

Nah, sebenarnya kode yang saya beri diatas tidak mutlak. Anda dapat berkreasi sendiri dengan menambahkan atribut kode seperti :

BGCOLOR="warna" --> Untuk mengatur warna background (latar belakang) teks

DIRECTION="left/right/up/down" --> Mengatur arah gerakan teks

BEHAVIOR="scroll/slide/alternate" --> Untuk mengatur perilaku gerakan

Scroll --> teks bergerak berputar
Slide--> teks bergerak sekali lalu berhenti
Alternate --> teks bergerak dari kiri kekanan lalu balik lagi ( bolak-balik bo)

TITLE="pesan" --> Pesan akan muncul saat mouse berada di atas teks

SCROLLMOUNT="angka" --> mengatur kecepatan gerakan dalam pixel, semakin besar angka semajin cepat gerakannya.

SCROLLDELAY="angka" --> Untuk mengatur waktu tunda gerakan dalam mili detik

LOOP="angka|-1|infinite" --> Mengatur jumlah loop

WIDTH="lebar" --> Mengatur lebar blok teks dalam pixel atau persen

Ada variasi lain dari marquee ini, yakni ketika mouse sedang berada di area marquee, teks akan berhenti dan ketika mouse di geser kembali ketempat lain maka teks akan bergerak kembali, ini hanya di tambahkan sedikit program pada kolom marquee. (sama seperti di sidebar saya coba donkz di dekati pake mouse)

Contoh :

<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" width="50%" height="200" align="center">

silahkan tunjuk ke sini

</marquee>

hasilnya :

silahkan tunjuk ke sini

Oke deh, itu adalah beberapa kodenya..Nanti tinggal anda gunakan kode HTML buatan kreasi anda di blog anda, atau Friendster atau terserah anda deh…Selamat berkreasi…

Endokrin Secara Umum

Posted by Imam Syahuri Gultom on 3:05 PM

Endokrin

Segala aktivitas sel maupun jaringan dikordinasikan oleh beberapa messenger kimia :

  1. Neurotransmitter, dilepaskan terminal axon dari sel saraf ke celah sinaps dan bekerja lokal mengontrol fungsi sel.
  2. Endokrin, dilepaskan oleh kelenjar tertentu ke dalam sirkulasi darah dan mempengaruhi fungsi sel tubuh di tempat lain
  3. Neuroendokrin, hormon yang disekresikan neuron.
  4. Parakrin, disekresikan sel ke cairan ekstraselular dan mempengaruhi sel yang berdekatan dan berbeda jenis.
  5. Autokrin, disekresikan sel ke cairan ekstraselular dan mempengaruhi sel yang sama dengan terikat pada reseptor.
  6. Sitokin, dapat berintindak sebagai autokrin, parakrin, maupun endokrin.

Endokrin2 Gambar 1. Struktur Anatomi Endocrin system

Tabel 1. Hormon dan Fungsinya

Organ Hormon Fungsi
Hipotalamus TRH
CRH
GHRH
Somatostatin/GHIH GnRH
PIF
TSH, Prolaktin
ACTH
Somatotropin/GH
Inhibitor Somatotropin
LH, FSH
Inhibitor Prolaktin
Hipofisis
Adenohipofisis






Intermedia

Neurohipofisis

TSH
ACTH
Somatotropin
Prolaktin
FSH
LH

MSH

ADH/Vasopresin

Oksitosin

Tiroid
Adrenokortikal
Pertumbuhan
Air susu
Folikel, Pematangan sperma
esterogen, progresteron, testosteron
Pigmen (rudimenter pada orang dewasa)
Reabsorbsi air di ginjal, vasokonstriksi
Kontraksi rahim
Pineal Melatonin Biological Clocks, aktivitas seks
Tiroid T4, T3
Kalsitonin
Meningkatkan metabolisme
(+) Kalsium di tulang
(–) Kalsium ekstraselular
Paratiroid PTH (+) absorbsi kalsium diusus, ren
(-) kalsium dari tulang
Thymus Thymosin Imunity
Lambung Gastrin Sekresi HCL oleh sel parietal
Usus Halus Sekretin
Kolesistokinin
Sekresi Asinus –> HCO3-, H2O
Kontraksi empedu, Sekresi enzim pankreas
Pankreas Insulin
Glukagon
Mengambil glukosa sel
Pelepasan glukosa di hati
Jantung ANP (Atrium Natriuretik Peptida) (-) tekanan darah
(+) ekskresi Na+ di ginjal
Korteks Adrenal Kortisol
Aldosteron
Metabolisme, Antiinflamasi
(+) reabsorbsi Na+ di ginjal
(+) sekresi K+, H+
Medula Adrenal Norepinefrin,epinefrin (adrenalin) Efek simpatis
Ginjal Renin

1,25-Dihidroksi-kolekalsiferol
Eritopoietin
Katalis Angiotensinogen—> Angiotensin I
(+) absorbsi Ca2+ dan mineral tulang
(+) produksi eritrosit
Testis Testosteron Reproduksi sekunder
Ovarium Esterogen
Progresteron
Reproduksi sekunder
Sekresi getah uterus diendometrium
Plasenta hCG

Somatomamotropin
esterogen, progresteron
(+)pertumbuhan korpus luteum
sekresi esterogen, progresteron
pertumbuhan janin, payudara
Adiposit Leptin Menghambat nafsu makan
Merangsang termogenesis

STRUKTUR KIMIA HORMON

  1. Steroid, disintesis dari kolesterol dan tidak disimpan. Transportnya menggunakan ikatan protein plasma. Ex: Kortisol, Aldosteron, Testosteron, Esteroges, Progresteron, dan 1,25-Dihidroksikalsiferol
  2. Amin, berasal dari tirosin dan disekresikan secara eksositosis dengan vesikel. Dalam plasma dapat berikatan dengan protein ataupun bentuk bebas. Ex : PIF, T3, T4, Norepinefrin dan epinefrin
  3. Protein dan polipeptida, sebelum disekresikan disimpan dalam vesikel hingga dibutuhkan dan larut dalam plasma darah. Ex : selain itu

MEKANISME KERJA HORMON

  1. Reseptor Intrasel (didalam sel)
    Bagi hormon steroid, maka akan sangat mudah melewati membran sel karena larut lemak. Sehingga reseptornya terdapat dalam sitoplasma ataupun nukleus.
    Komplek Hormon Reseptor akan berikatan dengan DNA melalui Hormone Response Element. Sehingga menimbulkan sintesis protein dan efek fisiologis.
    Reseptor intrasel
  2. Reseptor Membran Sel
    Hormon yang larut air (peptida), reseptornya terdapat di membran sel dan biasanya menggunakan second messenger.
    - Reseptor Hormon Terkait-Kanal Ion. Jika hormon melekat pada reseptornya dapat membuka kanal ion sel. misalnya asetilkolin
    - Reseptor menggunakan second messenger. Second messenger dapat berupa cAMP, cGMP (mekanismenya sama dengan cAMP), Fosfatidilinositol dengan kalsium-kalmodulin, rangkaian protein kinase atau lintasan fosfat. Baiklah akan kita bahas satu persatu..!

cAMP-adenilil siklase

cAMP (AMP siklus) berasal dari ATP lewat kerja enzim adenilil siklase. Aktivasi adenilil siklase diperantarai protein G-bergantung GTP : alpha, beta, gamma (gimana sih buat simbol ini klo pake HTML).

cAMPKetika hormon terikat pada reseptor, akan terjadi perubahan konfrontasi reseptor sehingga mengaktifkan protein G untuk melekat pada adenilil siklase melaui energi GTP (lihat gambar). Akibatnya terbentuk cAMP dan mengaktifkan protein kinase. Protein Kinase ini akan mengkatalis reaksi Protein + ATP yang menyebabkan efek fisiologi.

 Kalsium, Fosfatidilinositol

FosfatidilinisitolDisini protein G mengaktifkan Fosfolipase C sehingga mengubah PIP2 (Fosfatidilinisitol bifosfat) menjadi IP3 (inositol trifosfat) dan DAG (diasilgliserol).

IP3 memobilisasi Ca2+ dari Retikulum Sarkoplasma dan kemudian memiliki efek second messengernya sendiri untuk kontraksi otot polos atau membantu mengaktifkan protein kinase.

DAG berfungsi untuk mengaktifkan protein kinase sehingga menimbulkan respon sel seperti pada cAMP-adenilil siklase.

Rangkaian Protein Kinase atau Lintasan Fosfat

JAKMekanisme kali ini merupakan gabungan Reseptor Intrasel dengan Fosfatidilinositol. Reseptor akan membuat fosforilasi JAK2 (tirosin kinase dari famili janus kinase). Kemudian JAK2 teraktivasi dan menyebabkan aktifasi enzim dan menginduksi STAT(signal transducer and activator of transcription).

Aktifasi enzim terutama protein kinase dan fosfatidilinositol 3-kinase  yang menyebabkan efek fisiologis.

STAT menyebabkan sintesis protein.

REFERENSI
1. Guyton, C. Arthur. 2008. Fisiologi Kedokteran Ed. 11. Jakarta:EGC
2. Murray, Robert K. 2003. Biokimia Harper Ed. 25.Jakarta: EGC

Naruto 433 Indonesia

Posted by Imam Syahuri Gultom on 5:10 PM

433

Kali ini naruto berjudul Sage Technique Failure..?!? Pain belum bisa dikalahkan..Karena adanya salah satu tubuh Pain yang mampu menghidupkan kembali Pain yang lain. Bisa kah naruto mengalahkan pain yang menjadi kunci pertarungan tersebut? Gagalkah teknik Sage Naruto?

Download : Naruto 433 Indonesia

sumber: Narutogarden.blogspot.com

Guestbook

Posted by Imam Syahuri Gultom on 4:39 PM

Guestbook My First Follower (makasi ya da mo jadi my followers). Sebagai rasa terima kasih saya, dengan senang hati saya akan jadi your first follower di blog anda juga (udah terkabul) dan mengabulkan permintaan anda “Gimana Cara buat “Guestbook”. Baiklah yang ini juga akan saya kabulkan (secara saya kan rajin menabung, suka beribadah, dan lain2..bayangin ndiri aja yah saya tu gimana!hehe..)

Oke, langung aja ya..Ikuti langkah2 berikut ini :

  1. klik disini
  2. Seperti biasa anda harus daftar terlebih dahulu dengan cara mengklik tulisan Get it now, silahkan anda tulis data-data anda pada form yang telah di sediakan.
  3. Baru ikuti aja petunjuknya...Kalau disuruh Log In, gunakan ID yang telah anda buat tadi..
  4. Setelah itu kamu klik yang 1.Click here, choose your preferred template Shoutbox di How to Install shoutbox on my web? edit template
  5. Pilih Layout yang kamu suka, next, next (sampai cape’)
  6. lalu copy code yang telah tercipta hasil pilihan layout kamu tadi

langkah berikutnya :

  1. Sign in ke blog kamu..
  2. pilih Customize, Page Elements, Add gadget, Pilih HTML/Javascipts
  3. Paste code yang anda buat di sana..
  4. beri judulnya terserah anda : Buku tamu kek, apa kek,,terserah kamu..

slamat menjadi bingung…

Rokok = HARAM..!

Posted by Imam Syahuri Gultom on 2:54 PM

Jgn merokok(01) Kenapa?

SELAIN MEMBAHAYAKAN DIRI DAN ORANG LAIN JUGA MERUPAKAN PEMBOROSAN.

“Dilarang segala yang berbahaya dan menimpakan bahaya.” (Hadits hasan diriwayatkan Ibnu Majah, Daruquthni, dan Malik dalam Al-Muwatha’)

”Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” [Al Israa’:26-27]

JIKA PABRIK ROKOK DITUTUP KAN PARA BURUH AKAN MENGANGGUR?

Pertama ya. Pemerintah harus mengantisipasi hal ini. Diperkirakan ada sekitar 400 ribu buruh rokok di Indonesia yang menghidupi 1,6 juta orang (0,7%). Pemerintah harus menyediakan anggaran untuk memberi buruh tersebut modal berupa lahan untuk bertani/beternak, uang untuk usaha, atau pabrik untuk bekerja. Jika tiap buruh dapat bantuan Rp 50 juta, maka harus dianggarkan Rp 20 trilyun berupa pinjaman lunak tanpa agunan agar tidak terjadi gejolak.

DARIMANA UANG TERSEBUT DIDAPAT?

Dengan menaikan cukai rokok sebesar 100% setahun sebelum penutupan pabrik (ini jika pabrik ditutup). Dari sini bisa didapat sekitar Rp 70 Trilyun.

APAKAH AKAN ADA PEKERJAAN LAIN BAGI MANTAN BURUH PABRIK ROKOK?

Tentu ada. Uang Rp 184 trilyun/tahun yang biasa dibelanjakan untuk rokok tetap akan ada. Bahkan dengan tidak merokok, kesehatan dan produktivitas orang tersebut bisa meningkat sehingga dia bisa mendapat lebih misalnya Rp 250 trilyun/tahun. Uang tersebut bisa dia belikan susu, makanan, biaya berobat, dan sekolah bagi anaknya.

Industri rokok memang tutup, tapi industri lain seperti peternakan susu, pabrik susu, pedagang susu, klinik kesehatan, sekolah akan berkembang dan menyerap tenaga kerja baru. Toh sebelum ada pabrik rokok orang juga tetap bisa hidup dan bekerja.

MUI JANGAN HARAMKAN ROKOK KARENA BANYAK ORANG YANG BEKERJA DI PABRIK ROKOK DAN SEBAGAI PENJUAL ROKOK

Kalau argumen ini diterima, maka minuman keras dan narkoba juga jangan diharamkan karena banyak orang bisa bekerja di pabrik minuman keras/narkoba atau jadi pedagang minuman keras/narkoba. Tapi karena berbahaya, pemerintah melarang narkoba.

Meski banyak menyerap pekerja, toh Nabi Muhammad tidak ragu-ragu menyampaikan bahwa babi dan minuman keras itu haram kepada ummatnya. Begitu mendengar fatwa ummat Islam segera menumpahkan arak yang ada di rumah-rumah ke jalan sehingga ketika itu jalan jadi berbau arak.

Sesuatu yang merusak meski ada manfaatnya haram jika kerusakannya lebih besar dari manfaatnya.

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya…” [Al Baqarah:219]

BAGAIMANA BAGI NONMUSLIM ATAU ORANG ISLAM YANG BANDEL TETAP MEROKOK?

Untukmu agamamu dan untukku agamaku. MUI tetap berhak mengeluarkan fatwa haram merokok. Masalah pabrik rokok tetap jalan itu adalah urusan pemerintah. Dalam Islam rokok yang merusak kesehatan dan merupakan pemborosan sudah jelas haram dan tidak bisa diutak-atik lagi.

BUKANKAH MAYORITAS ULAMA DULU HANYA MEMAKRUHKAN ROKOK DAN TIDAK MENGHARAMKANNYA?

Dulu teknologi kesehatan belum semaju sekarang dan belum menemukan bukti kuat bahwa rokok mengganggu kesehatan. Rokok dianggap tidak berbahaya dan hanya sekedar mubazir. Oleh karena itu mayoritas ulama hanya memakruhkannya saja.

Sekarang para ilmuwan sudah membuktikan rokok berbahaya dan menyebabkan lebih dari 400 ribu orang meninggal tiap tahun di Indonesia sehingga di bungkus rokok ditempel label bahaya itu. Oleh karena itu sudah selayaknya para ulama Indonesia menetapkan rokok sebagai barang haram. Apalagi Majelis Ulama di Arab Saudi, Iran, dan Malaysia telah menetapkan bahwa rokok itu haram.

ADA YANG BERPENDAPAT BAHWA ROKOK TIDAK HARAM KARENA TIDAK ADA DALIL YANG MENGATAKAN ROKOK ITU HARAM

Jelas tidak ada dalilnya karena Nabi Muhammad hidup pada tahun 600-an masehi sementara rokok baru dikenal tahun 1500-an ketika bangsa Eropa melihat penduduk asli Amerika menghisap tembakau yang dibakar dalam pipa.

Hingga tahun 1940-an manusia menganggap rokok tidak berbahaya. Tahun 1962 pemerintah AS menunjuk 10 ilmuwan terkemuka untuk meneliti bahaya rokok. Tahun 1964 kesimpulannya dimuat di Laporan Surgeon General yang menyatakan bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan dan meminta pemerintah melakukan tindakan. Pada tahun 1965 penggunaan rokok turun 40% sejak diterbitkannya laporan tersebut (MS Encarta).

Segala yang berbahaya meski namanya tidak disebut dalam Al Qur’an dan Hadits tetap haram karena Nabi sudah mengatakan:

“Dilarang segala yang berbahaya dan menimpakan bahaya.” (Hadits hasan diriwayatkan Ibnu Majah, Daruquthni, dan Malik dalam Al-Muwatha’)

Di AS iklan rokok sudah dilarang tampil di TV-TV dan Radio. Orang-orang dilarang merokok di kantor-kantor pemerintah dan gedung-gedung di mana ada anak-anak (misalnya sekolah). Indonesia?

JIKA ROKOK HARAM, KENAPA SEBAGIAN ULAMA MEROKOK

Rokok sebagaimana narkoba memang menyebabkan pemakainya ketagihan sehingga sulit untuk berhenti. Tidak sepantasnya ulama yang merupakan pewaris Nabi melakukan perbuatan yang dibenci Allah atau haram. Tidak pantas juga ulama membiarkan para santrinya yang masih tingkat Ibtida’iyah (SD), Tsanawiyah (SMP) atau ’Aliyah (SMU) untuk merokok.

Ulama sebagai teladan masyarakat harusnya memberi contoh ummatnya dengan mengerjakan hal yang wajib atau sunnah. Bukan justru rajin mengerjakan hal yang makruh atau dibenci Allah. Apalagi jika haram.

INDONESIA PEROKOK TERBANYAK SE ASIA(Jakarta, WASPADA Online)

Prevalensi anak merokok di Indonesia mencapai tingkat mengkhawatirkan. Diperkirakan dari 70 juta anak di Indonesia, 37 persen atau 25,9 juta anak diantaranya merokok.

“Jumlah itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah perokok terbanyak di Asia berdasarkan penelitian Global Youth Tobacco,” ujar Ketua Umum Forum Komunikasi Pembinaan dan Pengembangan Anak Indonesia (FKPPAI), Dr. dr. Rahmat Sentika, SpA, MARS, kepada wartawan di Jakarta, Kamis kemarin.

Hasil penelitian itu juga menemukan bahwa jumlah perokok terbanyak di Madras India justru berasal dari kelompok masyarakat buta huruf. Kemudian riset lain membuktikan bahwa kelompok masyarakat termiskin di Bangladesh menghabiskan hampir 10 kali lipat penghasilannya untuk tembakau dibandingkan untuk kebutuhan pendidikan. Lalu penelitian di 3 provinsi Vietnam menemukan, perokok menghabiskan 3,6 kali lebih banyak untuk tembakau dibandingkan untuk pendidikan, 2,5 kali lebih banyak untuk tembakau dibandingkan dengan pakaian dan 1,9 kali lebih banyak untuk tembakau dibandingkan untuk biaya kesehatan.

ORANG YANG MAKAN BAWANG PUTIH YANG HALAL, KARENA BAUNYA DILARANG MASUK KE MESJID

Ibnu Umar ra. berkata:

Sesungguhnya Rasulullah saw. dalam perang Khaibar pernah bersabda: Barang siapa makan buah ini (bawang putih), maka janganlah ia memasuki mesjid. (Shahih Muslim No.870)

Jabir ra. berkata: Rasulullah saw. melarang makan bawang merah dan bawang bakung. Suatu saat kami butuh sekali sehingga kami memakannya. Beliau bersabda: Barang siapa yang makan pohon tidak sedap ini, janganlah ia mendekati mesjid kami. Sesungguhnya para malaikat akan merasa sakit (karena aromanya) seperti halnya manusia. (Shahih Muslim No.874)

Abu Hurairoh ra berkata: “Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebagian tanda dari baiknya keislaman seseorang ialah ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadits hasan, diriwayatkan Tirmidzi dan lainnya)

Kalau mengerjakan hal yang tidak berguna saja berarti ke-Islamannya tidak baik, apalagi orang yang mengerjakan hal yang merusak.

Setiap yang berbahaya dan membahayakan itu haram dalam Islam. Jadi tanpa mengeluarkan fatwa, itu sudah haram karena Al Qur’an dan Hadits menyatakan demikian:

Ulama yang menganggap merokok itu haram:

  1. Dr. Yusof al-Qardhawi lebih cenderung kepada hukum haram merokok
  2. Para ulama Hijaz juga cenderung kepada hukum haram merokok.
  3. Syeikh Mahmud Syaltut cenderung kepada hukum haram merokok.

Perhatikan data sebagai berikut:

  • Angka kematian akibat rokok di Indonesia mencapai 427.923 jiwa/tahun
  • Berdasarkan hasil penelitian KPAI perokok aktif di Indonesia sekitar 141,4 juta orang
  • Dari 70 juta anak di Indonesia, 37 persen atau 25,9 juta anak diantaranya merokok.
  • Sekitar 43 juta anak usia hingga 18 tahun terancam penyakit mematikan
  • Tahun 2006 konsumsi rokok di Indonesia 230 milyar batang atau sekitar Rp 184 trilyun/tahun
  • Untuk kepala keluarga dengan penghasilan Rp 1 juta/bulan dan pengeluaran rokok Rp 240 ribu/bulan, maka pengeluaran rokok mencapai 24% padahal banyak anak kekurangan gizi dan putus sekolah. Belum biaya pengobatan yang besarnya sekitar 2,5 kali dari biaya rokok yang dikeluarkan. Artinya jika pengeluaran untuk rokok besarnya Rp 184 Trilyun/tahun, biaya untuk pengobatan karena merokok sekitar Rp 460 Trilyun/tahun.

dikutip dari : media-islam.or.id dengan berbagai perubahan

Naruto 432 Indonesia

Posted by Imam Syahuri Gultom on 2:56 PM

feat_ch43201232009 Naruto 432 sudah diliris..Dengan judul : The Return Rasen Shuriken. Kali ini naruto mengeluarkan jurus andalannya Rasen Shuriken. Naruto hanya dapat menumbangkan dua tubuh Pain. Berhasilkah Naruto Mengalahkan Pain lain dengan jurus yang memerlukan jumlah cakra yang besar itu?

Download : Naruto 432 Indonesia

sumber: narutogarden.blogspot.com

Sang Pemegang “Tahta Nilai” Masa Depan

Posted by Imam Syahuri Gultom on 2:31 PM

Peringkat Kemaren saya kurang kerjaan buat daftar nilai kira-kira siapa orang-orang yang perlu diwaspadai di semester II nanti ya... Eh, tapi keenakan jadi dilanjuti aja mpe 83 orang skalian biar tau temen2 yang lain gimana kondisi nilainya (sehat ja, baik, memperihatinkan, atau malah mengenaskan)..

Ternyata banyak yang unbelieveble juga..Boleh dibilang seorang imam tidak ada diantara deretan nama-nama IP tertinggi, tapi liat semester depan…! Nama ku akan terpampang disana dimasa depan sebagai : Sang Pemegang “Tahta Nilai” dipuncak tertinggi…HHHHAAAAAAHAHAHHAHAHAHHA….Ingat itu…..!

Nah, iseng2 juga ne ceritanya mending di publish aja biar yang lain bisa saling liat-liat kira-kira siapa yang perlu dirampas  nanti di semester depan. Buat temen2 yang ngeliat nilainya beda dengan yang dipampang di gedung depan kasi tau ya biar lagsung dilarat..

Download : Daftar Peringkat Nilai Pend. Dokter UNLAM tahun ajaran 2008/2009

Ujian KWN

Posted by Imam Syahuri Gultom on 2:49 PM

Nostalgia Ujian KWN (tapi yang mid) :

Bayu

Bayu, kok malu2…? Eitz, ada Ririn…hoho

 

 

 

 

Iwan lagi Blajar?e-one lagi belajar Baguslah Biar gak inhal tarus….!

 

 

 

 

 

 

ayu semua cheesseee..! Eh, kok malah mingkem?

Image024

Sok seriusne Koti Digesti??

Mr. M

nah, ini dia yang ditunggu2..sugartomat’s taste.. 

Medan Gila

 

Yah, mana muka nya ne? kok gluteus maximus smua lek??

G.M

Oke,,thanx smua yang uda numpang keren…! Ingatlah hari ini ya…!

Naruto-431 Bahasa Indonesia

Posted by Imam Syahuri Gultom on 2:06 PM

Naruto 431 udah keluar dengan judul Naruto Erupts!! Di 431 ini kembali naruto mengalahkan salah satu tubuh Pain. Sebelumnya naruto juga mengalahkan salah satu tubuh Pain dengan sekali pukulan rasengan.

Sejauh manakah kekuatan Naruto setelah kembali? Bagaimanakan Nasib Pain ataupun tsunade? Dapatkah Naruto mengalahkan salah satu tubuh Pain yang lain yang mengeluarkan jurus kuchiyose? Dapatkan Kisah Selengkapnya di sini :

Download : Naruto 431 Naruto Erupts!!

Favicon

Posted by Imam Syahuri Gultom on 1:55 PM
Favicon kecil jadi

Kemaren saya didatangi seorang temen. (didatangi? kayak hantu aja). Dia adalah Sulcus alias Farid. Ada apa ini? Ternyata dia ingin tahu gimana cara mengganti icon di blognya. Baiklah karna saya ini termasuk orang yang baik dan rajin menabung (gak nyambung). Saya akan bagi-bagi tips kepada semua pembaca setia blog.

Icon yang muncul disetiap website disebut dengan Favicon. Apakah favicon tersebut bisa di ganti dengan favicon milik anda? jawabannya adalah bisa. Ikuti langkah berikut :

  1. Cari gambar yang akan dijadikan Favicon. Gambar tersebut berekstensi “.ico”. File .ico bisa didapat dari sini. File tadi di klik kanan pada Download as .ico file pilih copy link address.Contoh icon jadi
  2. Sekarang saya asumsikan bahwa anda sudah mempunyai alamat URL dari favicon anda. Paste di Notepad. Sebagai contoh, saya mempunyai sebuah alamat URL seperti ini : http://www.iconarchive.com/download/icon/fasticon/beach/crab.ico
  3. Anda harus mengubah alamat URL favicon anda menjadi seperti ini : <link rel="shotcut icon" href="http://www.iconarchive.com/download/icon/fasticon/beach/crab.ico"/>
  4. Langkah selanjutnya adalah silahkan login ke blogger dengan ID anda. Klik pada Layout. Klik Edit HTML.
  5. Silahkan cari kode </head> (posisinya hampir paling atas, jadi jangan jauh-jauh nyari ke bawah yo).
  6. Copy Alamat URL anda yang telah diedit kemudian Paste kode favicon yang tadi persis di atas kode </head> .
  7. Klik Save Template
  8. Selesai. Sekarang anda sudah mempunyai favicon di alamat URL blog anda.

Bagi kamu yang masih menggunakan browser IE6, favicon anda tidak akan langsung terlihat, coba di bookmark dulu alamatnya. Berbeda jika anda menggunakan browser firefox, opera dan yang lainnya, favicon anda sudah langsung dapat di nikmati.

Agent Info

Operasi Jantung gratis bagi mereka yang tidak mampu. Dilaksanakan di Jakarta pada bulan Juli. Silahkan hubungi nomor 02171031414 email iswardi_lingga@yahoo.com. Bagi yang tidak memerlukan informasi ini, tolong dibantu nyebarin ya..
by FULDFK posted 24 Juni 2010